Sabtu, 03 April 2010

Membuat FeedBurner Untuk Blogspot

feedburner

Kesempatan kali ini, saya mau ikut berbagi pengalaman membuat feedburner untuk blog di blogspot.com. Karena banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan membuat akun feeds, jadi saya rasa, ini akan membantu teman-teman blogger untuk mengembangkan blog yang dikelola.

Mungkin yang pertama, kita membahas feedburner untuk postingan dulu. Langkah-langkah yang harus kita ambil adalah :

1. Feedburner Post.

Setelah kita masuk pada halaman http://feedburner.google.com atau http://feedburner.com (kedua link diatas akan di redirect ke halaman yang sama), kita akan memilih type feeds yang akan kita buat. Karena feeds yang akan kita buat adalah feed posts, maka kita harus mengisi pada kolom type feed seperti ini :
http://NamaBlog.blogspot.com/feeds/posts/default

> Rubah NamaBlog dengan nama blog milik kamu.

Kemudian tandai kolom check "i am a podcaster!", dan klik next>>, maka akan terlihat link feed post, yang bisa kamu cek apakah bekerja atau tidak. Jika bekerja dengan baik kamu bisa lanjutkan dengan klik next>>.

Alamat feed post kamu sudah jadi, dan kamu tinggal memaksimalkannya dengan beberapa pilihan yang tersedia pada feedburner.

2. Feedburner Comment.

Sekarang kita lanjutkan membuat feed type comment, langkahnya tidak jauh beda dengan membuat feedburner post, yang membedakan hanyalah pada saat kita memilih type feed yang akan kita buat, type feed untuk comment adalah seperti ini :
http://NamaBlog.blogspot.com/feeds/comments/default

Jadi type feed post menggunakan link posts, dan feed comment menggukanakan link comments.

Kemudian lakukan langkah seperti membuat feed post, dengan mencentang check box "i am a podcaster!" dan klik next>> cek apakah link feed bekerja dengan baik (ini berarti link feed menuju ke halaman feed yang berisi postingan di blog atau komentar di blog kamu), kemudian next dan jadilah feedburner komentarmu.

Dari kedua feed diatas, kita bisa memanfaatkannya untuk dengan lebih maksimal, diantaranya update status secara automatis pada akun twitter, setiap kali kita posting baru pada blog, atau jika ada komentar baru. Dan ada juga pilihan membuat semacam headline pada halama blog, seperti yang kamu lihat pada sidebar sebelah kanan blog ini.

Dan sebelum kamu nggunakan fitur-fitur diatas, ada baiknya kamu edit detail feedburner kamu. Dengan memilih alamat feedburner menurut keinginan, tapi kamu tetap mudah untuk membedakan antara feedburner post dan feedburner comments.

Misal feedburner yang saya gunakan untuk blog ini :

FeedBurner post : http://feeds.feedburner.com/NimbuzzingOnlineShop

feedburner comment : http://feeds.feedburner.com/NimbuzzBisnis

Semoga bermanfaat, untuk postingan selanjutnya saya akan berbagi cerita tentang : "membuat headline untuk postingan, dan recent comment menggunakan feedburner"

Tidak ada komentar: