Sabtu, 03 April 2010

Opera Mini

opera mini

Sebagai tanda kekaguman dan terimakasih saya terhadap applikasi mobile yang satu ini, maka tidak ada salahnya saya posting tentang opera mini disini, meskipun sudah banyak temen-temen yang posting seputar opera mini, dan tread ini terlihat basi buat mereka peselancar dunia maya, hehehe :D

Pasalnya sejak saya mengenal applikasi browser mobile yang satu ini, saya langsung tertarik dan jatuh hati dengannya, akhirnya opera mini-lah yang menjadi browser utama di hp saya. Dari mulai browser, ngeblog, download, buat email, sampai facebook juga opera mini yang saya gunakan. Karena disamping kecepatan-nya mengakses halaman, opera mini juga memiliki tampilan yang elegan dan juga memiliki banyak fitur yang ditawarkan.

Fitur-fitur yang tertanam semisal :

-add bookmark, yaitu menyimpan link halaman website atau link download, jika sewaktu-waktu ingin mengaksesnya kembali.

-reload, yaitu meload ulang halaman.

-change link, merubah link untuk pindah kehalaman lain.

-page information, yaitu melihat informasi halaman yang ditambah dengan link download image untuk mendownload foto.

-find in page, dan save page, yaitu menyimpan halaman menjadi sebuah file kedalam folder.

-setting, yaitu pengaturan tampilan dan performa opera mini. Diantaranya : merubah tampilan halaman site yang disusutkan dalam ukuran hanphone, ataupun ukuran browser pc. Atau memilih akses protocol yang digunakan antara http atau socket. Dan ada juga menu clear cockies untuk menghapus data tersimpan pada history.

-history, untuk melihat kembali halaman apa saja yang telah kita akses, dan history dapat kita akses kembali tanpa meload ulang selama memory history tidak melampaui batas.

Opera mini juga memiliki beberapa varian kompatibel yang dapat di install di hp, dari mulai : mini 3.2, mini 4.2, mini 5, mini 8 dan 10 (husus symbian). Dan opera mini juga memiliki banyak pilihan bahasa termasuk bahasa indonesia, dan sekarang umumnya sudah menjadi applikasi bawaan hp yang beredar di indonesia.

opera mini 5

Ngomong-ngomong soal mini 5 yang kompatibel pada hp java, dalam pengoprasiannya applikasi ini dirancang secara apik untuk menjadi browser yang hampir mendekati kecanggihan browser pc, pasalnya applikasi ini memiliki fitur untuk membuka lebih dari satu halaman. Akan tetapi hanya akan bekerja maksimal pada hp yang memiliki ram besar, karena menurut pengalaman memakai mini 5 pada hp nokia 6300, sering terjadi macet dan applikasi close pada saat load halaman, jadi untuk hp sekelas nokia 6300 lebih cocok memakai mini 4.2 atau mini 3.2 dan 3.1. Jadi dari segi efektifitas, mini 4.2 lebih saya pilih untuk hp java sekelas nokia 6300, dan mini 5 lebih condong kepada hp yang setingkat diatasnya.

Sumber : www.opera.com/mobile
Download : mini 3.2, mini 4.2, mini 5

Tidak ada komentar: