Jumat, 12 Maret 2010

Edit Layout / Template Blog Menggunakan handphone (hp)

template

Iseng-iseng ni karena saza penasaran, masa si blogger mobile (pengguna ponsel) kaya gue gak seleluasa pengguna pc dalam mengkaryakan blognya...?? karena keterbatasan jumlah karakter user hp yang hanya berkisar antara 5000 karakter saja, tau sendiri kan layout blog yang sederhana aja udah belasan ribu karakter, apalagi yang udah dimodif sampai beberapa kolom... pasti pas pengen edit kepotong deh tu karakter, CaaPEDEee... Wkwkwk.

Nah mulai deh saya search pakai google, eh langsung ketemu yang saya cari... :D "edit layout menggunakan handphone (hp)" nah dari sini saya pengen bagi2 trick dan tutorialnya, sekalian nambah-nambahin postingan gitu.

Langkahnya cukup simpel, yaitu kamu sediakan hp jadulmu dan yang pasti udah mendukung program java dan bisa menginstal applikasi berekstensi jar.
contoh hp

karena nanti kita membutuhkan bantuan applikasi tersebut, yaitu mobiexplorer.jar yang bisa kamu download versi 3.1 full gratis disini.

Siapkan mental dan sedikit pengetahuan tentang layout code css, html, dan javascript kalau perlu. Dan jangan lupa di hapemu udah ada opmin untuk memudahkan download maupun browser.

OK lanjut...

1. Langkah pertama download dan install applikasi mobiexplorer tadi.

2. Langkah kedua download layout dari blog yang pengen kamu edit caranya.

Login blogger.com > Layout > Edit HTML > download full layout.

3. Setelah lengkap terdownload, langkah ke tiga kamu buka applikasi mobiexplorer tadi dan jangan lupa sebelumnya kamu edit dulu akses mobiexplorer di hp.

Pilihan > Akses applikasi > Edit & tambah file > menjadi selalu ditanya.
>>> ini untuk nokia v40, kalau applikasi lain silahkan dicari sendiri.

Kemudian buka mobiexplorer dan cari folder dimana kamu simpan template yang telah kamu download, kemudian klik dua kali pada file dan akan terbuka file template.xml berupa script css, javascript, ataupun html.

4. Langkah ke empat adalah mengedit layout, yaitu dengan menggeser kebawah/keatas pada kursor, untuk naik/turun satu baris dari code/script. Atau menggeser kursor ke kiri/kanan, untuk naik/turun satu muka dari code/script.

Nah dari situ kamu tinggal lihat dan tentukan code mana yang akan kamu edit, jika sudah menemukan kodenya tinggal kamu edit, caranya :

option > edit

dan begitu seterusnya hingga final.

5. Setelah selesai mengedit, langkah ke lima tinggal kamu simpan file editan tadi, caranya :

option > save as..

Catatan : jangan pilih save, karena file yang tersimpan akan berubah ekstensinya dan gak bakal bisa dijadikan layout.

Setelah pilih save as, tinggal kamu tentukan ekstensi file nya, baik berupa xml ataupun html. Tinggal layout yang kamu gunakan pada blogmu. Apakah layout klasik > berekstensi html atau layout baru > berekstensi xml.

6. Langkah ke enam, setelah kamu simpan file (layout) tadi, sekarang waktunya kamu upload ke blog kamu tadi, caranya :

Login ke blogger.com > Layout > Edit HTML > Centang Expand your edit > upload > save.

Nah sekarang lihat hasilnya, jerih payah mu bisa kamu nikmati, dan alhamdulillah saya bisa edit layout sendiri!! Amin.

Semoga bermanfa'at bagi blogger mobile.

7 komentar:

Rony mengatakan...

Memangnya bisa ya edit template blog pakai hp dengan aplikasi operamini aku coba ngga ada perubahannya sampai berulang kali tetap sama.

Unknown mengatakan...

Bisa sob, dan kamu harus download mobi explorer 3.1 full, yang sudah saya post di page download coba deh, soalnya saya mengedit template blog ini pakai applikasi itu.

Semoga berhasil.

Rony mengatakan...

Ia ponsel kamu bisa ponsel aku ngga mendukung system jsr-75 jadi mau gimana dong.Ponsel nokia s60 2nd itu ngga bisa baca direktori file hp pakai operamini aplikasi lainnya sulit login ke blogger.Boleh ngga aku minta alamat email atau chat terimakasih.

Unknown mengatakan...

Jsr-75 saya tidak tau persis, tapi kalau tidak bisa mengoprasikan mobie explorer 3.1.jar, kamu bisa coba smart filename.sis, karena smart filename yang saya tau bisa membaca file ber extensi xml, seperti pada file backup.xml, dan kali ini yang harus diolah adalah template.xml (sama-sama berextensi xml), jadi saya rasa bisa saja.

Intinya, kamu harus download templatenya dulu, baru template tadi diedit secara offline menggunakan applikasi mobie explorer 3.1.jar atau smart filename.

Kalo berkenan kamu bisa add nick thezackzack@nimbuzz.com atau `z@nimbuzz.com untuk lebih jelasnya.
Thanks.

Rony mengatakan...

kalau aplikasi edit textnya aku sudah ada bukan smart filename tapi aku ragu download template dibloggernya penuh atau ngga kamu tau sendiri kan ponsel nokia s60 2nd itu systemnya gimana.Upload file pakai operamini ponsel nokia s60 2nd kan ngga bisa

Unknown mengatakan...

cara mengatasinya kamu bisa bikin file direktori sendiri untuk menyimpan file template.xml yang mau kamu upload, sehingga bisa ditelusuri didalam memory eksternal saat upload asal jangan didalam file system. Kalau download file penuh tidak akan merusak template.

Unknown mengatakan...

Ok deh met berkarya, saya tunggu hasil karyamu hehehe :D